twitter
rss

 2881603057_820af9d26a.jpg

pada kempatan ini saya ingin sedikit mengulas mengenai boiled frog syndrome. saya mendengar kata-kata ini pada saat mengikuti kuliah Berpikir Visioner. sang dosen menjelaskan bahwa perubahan itu seperti sebuah singa besar yang sedang kerlaparan,  singa tersebut berada di belakang kita, maka apabila kita tidak segera berlari dan tidak dapat bergerak lebih cepat dari singa tersebut maka singa tersebut akan menerkam kita.

banyak orang atau organisasi yang tidak menyadari perubahan yang muncul sehingga mereka terlena pada posisi mereka saat ini. mereka sudah sangat puas dengan hasil kerja yang dilakukan dan mereka menikmatinya tanpa melihat kondisi sekeliling mereka. setelah mereka  sudah tertinggal jauh oleh perubahan barulah mereka menyadarinya namun, itu semua sudah terlambat tidak ada lagi kesempatan untuk memperbaikinya  dan akhirnya mereka musnah atau mati. kejadian diatas ini dapat dianalogikan seperti boiled frog syndrome yaitu percobaan yang memasukkan katak kedalam sebuah panci yang berisikan air dan perlahan panci tersebut dipanaskan dan katak tidak menyadari perubahan itu sehingga pada akhirnya katak mati dalam air yang  mendidih.  berikut ini adalah video yang memvisualisasikan kejadian ini

video percobaan katak (cekidot man)


mengenal lebih jauh tentang boiled frog syndrome
setelah anda membaca dan melihat video diatas tentu anda sudah mendapatkan gambaran awal tentang pokok pembahasan yang akan kita bicarakan. untuk itu mari kita bahas lebih dalam lagi mengenai permasalahan ini. berikut ini pembahasannya

asal istilah boiled frog syndrome
istilah ini didapatkan pada buku tentang Jack Welch yang berjudul "Control Your Destiny or Somenone Else Will"  buku ini menjelaskan tentang perjalanan karir dari Jack Welch yang sangat ketat sampai ada yang mengatakan seperti "pacuan kuda" sebebelum akhirnya menjadi CEO General Electric pada tahun 1980.Jack menggunakan ungkapan tersebut untuk orang atau organisasi yang tidak mengantisipasi perubahan dengan cepat.

Dari mana asalnya istilah boiled frog syndrome? istilah ini diperoleh dari literatur abad 19 tentang suatu eksperimen pada katak. Literatur tersebut menunjukkan bila seekor katak diletakkan di panci dan di beri air dingin, kemudian dipanaskan perlahan, maka katak tidak bergerak karena tidak menyadari adanya peningkatan suhu air dan akhirnya mati.

inti dari istilah ini adalah kita harus peka terhadap perubahan yang ada disekeliling kita dan mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi perubahan tersebut sebelum semuanya terlambat.

sebagai tambahan berikut ini adalah formula welch dalam melakukan perubahan kearah yang lebih baik pada GE..sorry ya,,masih dalam english,,soalnya lagi males nerjemahih,,wkwkwk tapi pasti ngertilah,,
Welch formulated six principles which have guided the revolution:
    1. Control your destiny, or someone else will.
    2. Face reality as it is, not as it was, or as you wish it were.
    3. Be candid with everyone.
    4. Don't manage, lead.
    5. Change before you have to.
    6. If you don't have a competitive advantage, don't compete.

Following these principles, Welch has introduced a new management style at GE that reduces hierarchy and bureaucracy, empowers individuals, and seeks consensus based on shared corporate values. Yet the authors make clear that Welch does not limit the application of the principles to the running of GE. They are adaptable to a wide range of situations, from business to daily life.

sekian dan terima kasih...jangan lupa komen2 ya,,hihihi

0 comments:

Post a Comment

berkomentarlah sebelum komentar itu dilarang